Rabu, 20 Agustus 2014

Putusan nyaris bareng, MK tegaskan tak terpengaruh DKPP

Reporter : Muhamad Agil Aliansyah | Rabu, 20 Agustus 2014 15:54 Berita Terkait

Merdeka.com - Dua persidangan perkara Pilpres 2014 yang diajukan Tim Prabowo-Hatta ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan diputuskan, Kamis (21/8) besok.

Sekretaris Jenderal MK Janedjri M Ghaffar mengatakan, keputusan yang diberikan oleh MK & DKPP berbeda. Untuk itu, dia memastikan keputusan lembaganya tak akan terpengaruh dari hasil keputusan DKPP.

"Kalau DKPP ini kan kewenangannya berbeda dengan Mahkamah Konstitusi. DKPP ranahnya lebih ke pelanggaran etik, sedangkan Mahkamah diberi kewenangan konstitusional untuk memutus Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Etik itu kan berhubungan ketika para penyelenggara. Sedangkan ini kan hasilnya," kata Janed di ruang kerjanya Gedung MK, Jakarta, Rabu (20/8).

Kedua lembaga itu akan membacakan putusannya hanya berselang 3 jam. Jika DKPP membacakan putusannya pukul 11.00 WIB, sementara MK diagendakan pada pukul 14.00 WIB.

Sementara itu terkait jumlah pendukung yang akan memasuki ruang persidangan, Janed mengatakan 3 pihak yang berpekara Mahkamah Konstitusi (MK) akan dibatasi masuk ke ruang persidangan.

"Karena kapasitas ruangan yang terbatas dan untuk pengamanan di Gedung MK, khususnya di ruang sidang perlu dimaklumi, maka yang diperbolehkan masuk ke dalam ruang sidang tentu harus dibatasi, hanya Termohon, Pemohon dan Pihak Terkait," papar Janed.

Janed mengatakan, masing-masing pihak berperkara hanya diperkenankan membawa 20 orang. Sementara, Bawaslu sebagai undangan diizinkan membawa 5 orang.

"Itu kan protap (prosedur tetap) untuk pengamanan di Ruang Sidang itu tidak ada penambahan lagi. Hanya kita mengatur jumlah orang yang bisa masuk ke dalam Ruang Sidang," pungkasnya.

[ian]


http://www.merdeka.com/peristiwa/putusan-nyaris-bareng-mk-tegaskan-tak-terpengaruh-dkpp.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger