Kamis, 28 Agustus 2014

Tak dapat pekerjaan, 9 WN China di S0l0 minta dipulangkan

Reporter : Arie Sunaryo | Jumat, 29 Agustus 2014 09:51 Berita Terkait

Merdeka.com - Setelah menginap selama hampir sepekan di Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta 9 Warga Negara (WN) China, Jumat (29/8) pagi, akhirnya dipulangkan ke negaranya. Selama menginap di Imigrasi Solo, di Jalan Adi Sucipto, mereka menjalani pemeriksaan kelengkapan dokumentasi keimigrasian.

"Mereka sudah kita antar dari Adi Soemarmo Solo dengan pesawat Sriwijaya Air ke Jakarta. Dari Jakarta ke Bangkok naik Garuda, kemudian dari Bangkok ke Guangzhou naik Air Asia," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta Djarot Sutrisno, kepada merdeka.com, Jumat (29/8).

Pemeriksaan sempat mengalami hambatan lantaran kendala bahasa dan teknis. Selain tak bisa berbahasa Inggris, kelengkapan dokumen keimigrasian mereka seperti paspor dan visa juga sempat tak berada ditangan.

"Waktu dilimpahkan ke Imigrasi kan mereka nggak punya visa dan paspor. Setelah kita periksa, ternyata masih dibawa oleh travel agent," jelasnya.

Djarot mengungkapkan, berdasarkan pendalaman yang dilakukan, pihaknya tidak menemukan pelanggaran dokumen keimigrasian.

"Kita sudah lakukan pendalaman, paspor dan visanya asli. Ijin tinggalnya juga masih berlaku," katanya.

Selain tak adanya kejelasan mengenai aktivitas mereka di Solo pemulangan 9 WN China juga atas permintaan mereka sendiri. Lantaran selama di Solo tak ada kejelasan mengenai nasib mereka.

"Awalnya mereka dijanjikan pekerjaan. Tapi orang yang menjanjikan itu, sampai sekarang tidak muncul. Makanya mereka minta dipulangkan," imbuhnya.

9 WN China ditangkap Polresta Solo, Jumat pekan lalu di sebuah rumah Kelurahan Banyuanyar Solo. Penangkapan tersebut berdasarkan laporan warga yang mencurigai aktivitas mereka. Saat diamankan ke 9 WN China tersebut tak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian.

Lantaran tak menemukan pelanggaran hukum mereka dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta.

"Mereka sudah kita pulangkan jam 07.00 pagi tadi dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Biayanya dari mereka sendiri, karena saat ke Indonesia, mereka sudah membeli tiket pulang ke China," imbuh Djarot.

Lebih lanjut Djarot mengatakan saat pemulangan tersebut pihaknya mengawal mereka hingga ke Bandara Soekarno Hatta. Pengawalan tersebut dimaksudkan untuk memastikan kesembilan WN China tersebut benar-benar pulang ke negaranya.

"Ada petugas kami yang mengantar dari Solo sampai ke Jakarta (Bandara) hingga masuk pesawat ke China," ucapnya.

Berikut nama-nama 9 WN China yang diamankan Polresta Solo, Jumat (21/8) lalu; Wu Jian Ling (22), Wu Jing Tang ( 22), Luo Yan Jun (24), Yang Sion Cen (30), You Pie (32), Tian Min Can, (23), Lou Yang, (28), Yao Wang Qiang (20), dan seorang wanita, Zhou Lian Hua, (30).

[hhw]


http://www.merdeka.com/peristiwa/tak-dapat-pekerjaan-9-wn-china-di-solo-minta-dipulangkan.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger