Kamis, 21 Agustus 2014

Terkait ancaman ISIS, patung Museum Airlangga Kediri diamankan

Reporter : Imam Mubarok | Jumat, 22 Agustus 2014 11:51 Berita Terkait

Merdeka.com - Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri, Jawa Timur, telah memasukkan semua patung dan peninggalan benda cagar budaya ke dalam Museum Airlangga, setelah sebelumnya bertahun-tahun beberapa peninggalan dipajang di luar museum.

Menurut Kabid Kebudayaan Rony Yusianto, langkah tersebut meminimalisir atas berbagai kerusakan dan ancaman salah satunya dari kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Kelompok ISIS sebelumnya mengancam akan menghancurkan Candi Borobudur di Magelang yang terungkap di halaman fan page Facebook dengan akun 'We Are All Islamic State'. Mereka menganggap proyek-proyek patung yang merupakan peninggalan kebudayaan di Indonesia adalah proyek menghamburkan uang.

Museum Airlangga adalah satu-satunya museum di Kota Kediri yang menyimpan peninggalan Kerajaan Kediri abad 10 hingga 12. Lokasi museum ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri atau tepatnya di Perbukitan Klotok.

Selain peninggalan cagar budaya, di tempat ini juga ada Gua Selomangleng, tempat pertapaan Dewi Kilisuci yang menolak menjadi raja penerus Raja Airlangga yang turun tahta pada tahun 1042 M.

"Kita sudah mengantisipasi dari awal dari berbagai kemungkinan yang terburuk. Oleh karena itu semua patung dan peninggalan cagar budaya yang memang sebagian dan bertahun-tahun di halaman museum kini sudah kita masukkan ke dalam museum. Bahkan pengamanan ini kita lakukan jauh sebelum ISIS melakukan teror," kata Rony Yusianto, Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kota Kediri pada merdeka.com, Jumat pagi (22/8).

Masih menurut Rony, pihaknya percaya pada aparat kepolisian yang sudah melakukan pengawasan dan proteksi terhadap gerakan ISIS di Kota Kediri. Apalagi Forpimda telah melakukan deklarasi penolakan ISIS di Kota Kediri.

"Kita hanya melakukan kerja sama saja, sebab sudah barang tentu polisi sudah paham dengan realita yang berkembang di lapangan. Yang kita lakukan adalah meminimalisir saja dan berjaga-jaga dari berbagai kemungkinan," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Kediri Kota AKBP Budi Herdi S menyatakan hingga kini belum ada ancaman di Kota Kediri. Namun pihaknya mendalami atas informasi yang berkembang. "Apabila ada (ancaman), yang jelas pengamanan akan kita tingkatkan," ujarnya.

[mtf]


http://www.merdeka.com/peristiwa/terkait-ancaman-isis-patung-museum-airlangga-kediri-diamankan.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger