Selasa, 19 Agustus 2014

Tim SAR terus cari 1 pendaki Gunung Pil0matea yang masih hilang

Reporter : Indra Komara Nugraha | Rabu, 20 Agustus 2014 09:53 Berita Terkait

Merdeka.com - Badan SAR Nasional Provinsi Gorontalo membentuk tim gabungan untuk melanjutkan pencarian terhadap seorang mahasiswa pencinta alam (Mapala) bernama Ramdan di Puncak Merdeka.

Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo Toto Mulyono, Rabu (20/8), mengatakan pihaknya akan terus melakukan pencarian mahasiswa yang hilang di gunung tersebut.

Seperti diberitakan Antara, tim SAR gabungan bersama Mapala, masyarakat dan Radio Antar Penduduk Indonesia diturunkan untuk mempercepat proses pencarian. Sementara itu menurut salah seorang Mapala yang selamat, Fingky Ishak (24), Ramdan adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Negeri Gorontalo.

Ramdan yang tergabung dalam Kelompok Pencinta Alam Green Iguana itu turut dalam pendakian, demi mengibarkan bendera merah putih di Puncak Merdeka dengan ketinggian 1.745 Mdpl.

"Ramdan bersama sembilan teman lainnya sampai ke puncak tertinggi, sementara sisanya hanya sampai di ketinggian 1,500 Mdpl. Ia hilang saat turun ke pos peristirahatan di ketinggian 1.400 Mdpl," jelas Fingky.

Ramdan juga diketahui tidak membawa tas, peralatan maupun bekal hingga ia hilang dari rombongan.

"Seingat kami ia hanya menggunakan jaket dan dasi pramuka, selebihnya tak ada yang dibawanya," ungkapnya.

Sebanyak 37 mapala termasuk seorang siswa SMA Negeri I Gorontalo sudah selamat tiba di pos terakhir sejak Selasa (19/8), sementara lima lainnya masih berada di pos peristirahatan menunggu Ramdan kembali.

"Kami belum memberitahukan hilangnya Ramdan pada keluarga sampai ada kepastian mengenai keberadaannya," katanya.

Gunung yang didaki tersebut sebelumnya tidak memiliki nama, yang kemudian diberi nama Gunung Pilomatea dengan nama puncak Merdeka oleh para Mapala itu.

Akses masuk melalui gunung itu di Desa Ilomata Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango. Gunung tersebut juga bersebelahan dengan Gunung Gambuta dengan ketinggian sekitar 1.954 Mdpl yang terletak di perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara.

"Puncak Merdeka sudah didaki beberapa kali untuk membuka jalur pendakian karena gunung ini masih baru bagi kami," tutur Fingky.

[hhw]


http://www.merdeka.com/peristiwa/tim-sar-terus-cari-1-pendaki-gunung-pilomatea-yang-masih-hilang.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger