Jumat, 05 September 2014

Ini alasan SBY tunjuk 2 Menk0 dan 1 Mensesneg bertemu Tim J0k0wi

Reporter : Putri Artika R | Jumat, 5 September 2014 16:48 Berita Terkait

Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelumnya telah sepakat dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk menunjuk pihak mana saja yang akan berkonsultasi terkait masa transisi. Namun kenyataanya, SBY justru mendapat banyak pesan singkat justru dari luar tim transisi Jokowi.

"Supaya tertib, dari pihak Pak Jokowi akan memberikan mandat kepada siapa yang akan berkomunikasi dengan kita secara tertulis, disebutkan si A, si B, si C, si D, dan ditandatangani oleh beliau," kata SBY di Sidang Kabinet Paripurna, Jakarta, Jumat (5/9).

SBY kemudian menunjuk 2 Menteri Koordinator dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi untuk mengakomodir permintaan konsultasi dari Jokowi. Alasanya, karena setelah SBY melihat daftar yang akan dikonsultasikan dari Jokowi, kebanyakan terkait isu perekonomian.

"Nah kita semula setelah saya cek materinya itu, waktu kami bertemu di Bali lebih banyak materi bidang perekonomian, bidang politik, hukum, dan keamanan, serta sesuatu yang lebih umum. Oleh karena itu dulu vocal point, point of contact untuk pemerintahan Menko Polhukam, Menko Perekonomian dan Mensesneg," ujar SBY.

Namun, sambungnya, jika tim transisi Jokowi ingin berkonsultasi di luar pihak yang ditunjuknya, bisa juga meminta kepada Menteri Koordinator untuk bertemu menteri yang bersangkutan.

"Tetapi kalau berkembang lagi ingin mendapatkan penjelasan atau melakukan komunikasi dan konsultasi yang menyangkut bidang-bidang kesejahteraan rakyat ya berarti saya mandatkan kepada tiga Menteri Koordinator, untuk siapa bertemu dengan siapa," jelas SBY.

Untuk soal-soal yang umum, misalnya terkait pengamanan dan urusan rumah tangga, SBY minta Mensesneg untuk mengakomodirnya.

"Sedangkan yang umum, soal-soal kelembagaan, house keeping lembaga Kepresidenan, urusan Pengamanan Presiden misalnya Danpaspamres dengan tim, sudah diterima oleh Presiden terpilih menjelaskan A, B, C, D dan yang lain-lain. Kalau itu biar Menteri Sekretaris Negara yang mengkoordinasikan. Sedangkan saya dan Wapres memberikan supervisi agar semuanya berlangsung dengan baik," papar SBY.

SBY berharap di masa transisi ini untuk saling membantu agar Jokowi sebagai presiden dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

"Poin saya adalah, masa transisi, konsultasi dan komunikasi, tidak boleh saling menyalah-nyalahkan kebijakan masing-masing. Kalau kita ya yang sedang kita jalankan, kalau Pak Jokowi yang akan dilakukan," pungkas SBY.

[war]


http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-alasan-sby-tunjuk-2-menko-dan-1-mensesneg-bertemu-tim-jokowi.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger