Selasa, 02 September 2014

Tinggi gel0mbang capai 2 meter, nelayan di Semarang 0gah melaut

Reporter : Fariz Fardianto | Rabu, 3 September 2014 07:53 Berita Terkait

Merdeka.com - Gelombang tinggi yang terjadi di perairan Laut Jawa sejak sebulan terakhir memaksa para nelayan di wilayah pesisir Kota Semarang menghentikan aktivitas mencari ikan. Mereka saat ini memilih melempar jangkar dan menunggu sampai cuaca kembali normal.

Berdasarkan data prakiraan cuaca dari BMKG Jawa Tengah per 28 Agustus 2014 kemarin, angin kencang saat ini masih terjadi di perairan Laut Jawa dengan kecepatan ke arah tenggara mencapai 5-16 knot, dengan tinggi gelombang sekitar 0,5-1 meter. Dengan kondisi tersebut, maka cuaca di wilayah Semarang hingga Pantura Timur kini cenderung berawan dan hujan ringan.

Sementara itu, di perairan Pulau Karimunjawa, kecepatan angin kini 11-14 knot dengan tinggi gelombang laut mencapai 1,5-2 meter. Meski demikian, cuaca masih cerah berawan.

Dengan mengacu pada data tersebut, Direktorat Kepolisian Air Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Edison Sitorus melalui Kabag Ops AKBP Wawan Kuniawan, mengatakan, saat ini banyak nelayan lokal memilih tidak berlayar terlebih dahulu. Sebab, mereka ingin menunggu cuaca normal agar aman saat menangkap ikan di tengah laut.

"Kapal-kapal penumpang dari Kalimantan saat ini juga cenderung berkurang karena cuaca kurang aman untuk jadwal pelayaran," katanya kepada merdeka.com, Rabu (3/9).

Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua Kasatpolair yang tersebar di wilayah Pantura Jawa Tengah khususnya daerah Demak untuk memperketat pemantauan aktivitas penangkapan ikan di laut lepas. "Sejauh ini, kami belum menemukan adanya kapal terdampar di Laut Jawa," ucap Wawan.

[has]


http://www.merdeka.com/peristiwa/tinggi-gelombang-capai-2-meter-nelayan-di-semarang-ogah-melaut.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger